Disk CleanUp


Disk CleanUp adalah suatu program (fasilitas) yang terdapat pada Microsoft windows yang mempunyai fungsi untuk membersihkan hard disk dari file-file yang sudah tidak digunakan lagi seperti cookies, temporariy file, web history, dll. Pembersihan menggunakan disk cleanup harus dilakukan karena file-file tersebut memakan tempat di hard disk.

  1. Klik Start, pilih All Program
  2. Pilih Accessories, lalu pilih System Tolls
  3. Selanjutnya klik Disk CleanUp
  4. Maka akan muncul tampilan disk cleanup
  5. Klik tanda panah kebawah untuk memilih partisi mana yang akan di pilih untuk melakukan pembersihan
  6. Setelah itu anda tinggal mengklik ok.Disini disk cleanup melakukan pencarian dan menganalisa file-file mana yang sudah tidak terpakai dalam hard disk.
  7. Setelah pencarian selesai akan muncul tampilan file-file yang sudah tidak terpakai. Untuk menghapus file-file tersebut anda tinggal mengklik kotak disamping icon file-file yang tak terpakai sampai terlihat tanda centang, lalu klik ok.
  8. Maka akan muncul pertanyaan “Are you sure you want to perform these actions?” anda tinggal klik saja Yes. Pertanyaan ini hanya bertujuan untuk memastikan hal yang anda lakukan.
Yang berarti file-file tersebut sedang dihapus. Saat melakukan CleanUp sebaiknya tidak membuka file/aplikasi karena akan memperlambat kerja dari Disk CleanUp dan aplikasi itu sendiri.